Dilema Siswa Kelas 12


Assalamualaikum :)


Sekarang ini ng banyak waktu yang dipunyai para siswa yang berada di grade terakhir masing2 skolanya . Dan begitu pula di skola ku, kalopun ada waktu lengang dapat dipastiin masalah yang dibahas ng jauh - jauh dari UN, kelulusan dan lanjut ke mana ? Padahal yang dibahas yaaa itu - itu aja ! tp herannya kita ng ada bosen2nya untuk membahas. But, aku ng ngebahas itu secara mendetail.


Now, aku cuma pengen crita sedikit tentang kebimbangan para anak kelas 12 menentukan kelanjutan studii mereka xD Termasuk aku sendiri *jiaahh*
Salah memang .. ng dari jauh-jauh hari kami mempersiapkannya eeh tp kalau merencanakan dari jauh hari sih sudah hanya saja kebanyakan dari kita nggak terlalu menanggapi serius untuk mempersiapkan kelanjutan sekolah ini, malah sebagian besar hanya menunggu waktu saja . Miris kan ? Belom lagi di masa remaja yg sedang labil2nya ini, para remaja ng jarang berganti cita-citanya yang otomatis harus mengatur ulang rencana.

Nah sedikit aku beri gambaran dialog para anak kelas 12

*pagi hari sebelum pelajaran*
a : Morning, b, c, d ! td malam aku search syarat penerimaan mahasiswa di univ xxx....
b : beneran ? apa aja ?
c & d: iyah apa aja ?? *mupeng*

a : fotocopy ijazah SMA, akte kelahiran, KTP, Surat Keterangan Kelakuan baik, kartu kuning depnaker
b, c, d : loh .. loh .. loh ..
a : surat dr jamsostek, dokumen2 dari PJTKI yg memberangkatkan
b : itu beneran syaratnya ?
a : iyah ! syarat jadi TKI kan ?? *tampang polos*
b, c, d : *gubrag* !

*jam istirahat*
e : kamu tar mau nerusin kuliah di mana ?
f : yogyae : ihh nggak takut gunung merapi ?
f : nggak !
e : kok nggak takut ?

f: aku juru kunci gunung merapi yg baru
e: *rolling eyes*

*di tengah pbm*
g: aahhh mana mungkin aku masuk ke univ itu
h: *diem*
g: kan kamu tahu gimana ancurnya nilaiku
h: *masih diem*
g: mana ortu maunya aku masuk situ lagi !
h: *tetep diem*
g: padahal nggak sesuai dg aku jurusannya ..
h: zzZZzz
g: *noleh ke h* ihhh sial lu malah tidur! dasar kebo !! *teriak*
guru + smua siswa di dalam kelas : noleh ke arah g & h
h : zzzZZzz ..


*pulang skola*
i : tar kalo km skola di sana tinggal di mana ?
j : di mana aja yg bisa ditinggalin
i : ngekost, ngontrak, rumah pribadi, atau ikut kluarga?
j : ngegembel nyambi ngamen
i : oh ... *thinking*

hahaha yaa berkisar itulah yang diomongin, dari bingung melanjutkan ke mana, nggak diizinkan oleh orang tua, takut nggak mampu ngimbangin otak dg mahasiswa lainnya, masalah kos, syarat2 masuk dan masih banyak lainnya yg belum aku contohkan pd dialog di atas xD dan aku sendiri masih dipusingkan dengan hal ini !

Salah terbesarnya adalah aku baru sadar bahwa aku mulai berani bermimpi juga merajut mimpiku di kelas 1o SMA ! terkadang membatin akan sesal, kenapa ng dari dulu aja ?? jadi aku bisa lebih siap untuk kelanjutan sekolah & cita-citaku.
Tapi aku pun sadar dan mulai merangkai semua secepat mungkin. Aku suka menulis, aku suka photography, aku suka travelling aku suka tantangan dan smua itu bisa aku dapatkan di satu profesi yg memang aku banget menurutku ! WARTAWAN . Well, emang nggak terlalu pasti, tapi kalo aku branii ambil profesi ini sebagaii cita-citaku, aku akan enjoy :) aku bisa masuk komunikasi, tapi lagi - lagi aku terbentur dg pendapat ortu .. Mereka memang memberikan ku kebebasan untuk memilih tetapi itu pun ada kriteria tertentu yg menurut ortu ku pastii untuk masa depan ku !! Kalau aku nekat untuk mengambil jurusan itu, aku takut jika aku gagal :(


Sungguh ! aku bingung ! dan aku rasa nggak hanya aku saja. Sebagian besar teman seangkatanku jika kuajukan pertanyaan yg sama pasti punya problem yng kurang lebih sama ! dilema .. dilema akan memilih jurusan, dilema akan makna penting melanjutkan sekolah, apa ingin mencari kerja? atau mencari ilmu ?
dan mamii pun menyarankan agar aku shalat istikharah biar mendapat pencerahan, dan untuk semua teman2ku yang dilanda dilema .. Istikharah yukk ! semoga smua dapat diberi pencerahan oleh allah x)

Share:

0 comments

Please kindly leave your comment with your ID