Dari Majalah Semu Hingga Majalah Real

       Salah satu bagian penting dalam open rekrutmen LPM Edents adalah membuat dan mempresentasikan majalah semu. Setelah dinyatakan lulus sebagai magang LPM Edents, selama setahun kami akan digembleng habis-habisan untuk menulis. Hingga setelah resmi menjadi awak LPM Edents di tahun kedua, kami baru diizinkan menulis di Majalah Edents.

        Sebuah perjalanan panjang yang penuh dengan pelajaran untuk mencapainya. Sekarang di tahun ke-tiga ku di LPM Edents. Aku sesekali dipercaya oleh pemimpin redaksi untuk membantunya memeriksa tulisan para magang dan staff.

       Sebelumnya, aku pernah menulis mengenai prosesku membuat majalah semu (klik) Nah, sekarang aku mau berbagi kisah selama dua tahun terakhir mendampingi magang baru (2012 dan 2013) membuat majalah semu.

Magang 2012 @ Umbul Sidomukti
Magang 2012
Di tahun 2012, aku menjadi kakak pembimbing bersama Mba Yeyet. Calon magang 2012 yang menjadi anggota kelompokku ada Husain (IESP 2012), Maesa (Akuntansi 2012), Eka (Manajemen 2012), dan Mas Danu (IESP 2010).

Calon magang 2012 diberi waktu selama seminggu untuk membuat majalah yang di akhir pekan akan dipresentasikan di kawasan wisata Umbul Sidomuktu. Nantinya para pemimpin (P) LPM Edents akan menjadi juri menentukan majalah terbaik.
Seminggu berkutat dengan deadline majalah semu, akhirnya waktu presentasi tiba. Hanya Husain, Maesa dan Mas Danu yang bisa hadir mempresentasikan majalah mereka, tak lupa aku dan Mba Yeyet mendampingi. Ketika hasil akhir diumumkan, kelompok kami tak menyabet majalah terbaik. Tak apa, karena yang terpenting adalah pengalaman berbagi ilmu menulis dengan magang 2012. Aku dan Mbak Yeyet tetap menyemangati para magang 2012 bimbingan kami, bahwa kompetisi sesungguhnya nanti adalah melawan rasa malas untuk tetap aktif menulis J

Magang 2013 @ Perhutani Gedong Songo
Magang 2013
        Hampir sama dengan proses di tahun sebelumnya, LPM Edents kembali merekrut calon magang 2013. Sampai pada tahap pembuatan majalah semu, aku berpasangan dengan U’ul sebagai kakak pembimbing. Kali ini di kelompokku terdiri dari Dilla, Aisyah, Ika (Akuntansi 2013), Intan (Akuntansi 2012), Akbar, Ari (IESP 2013), dan Andika (Manajemen 2013).
           Tahun 2013, lokasi presentasi majalah semu ditetapkan di Perhutani Gedong Songo. Kami berangkat bersama dari Tembalang menggunakan motor dan sebagian menumpang angkot yang sudah dicarter oleh panitia. Tiba di sana, masing-masing kelompok menampilkan yell-yell dan mempresentasikan majalah masing-masing.
           Setelah presentasi dan ice breaking dilakukan, para P LPM Edents mengevaluasi majalah masing-masing kelompok, termasuk kinerja para kakak pembimbing. Kelompok bimbinganku lumayan dapat banyak kritikan pedas, spesial dari Pemimpin Umum LPM Edents, Kak Hendy.
       Terakhir, ketika pengumuman majalah terbaik. Tak diduga kelompok bimbinganku dan U’ul dinobatkan
sebagai majalah semu terbaik tahun 2013 ! Yey ! Good job, guys ! Hihihi.

Ah, jadi tak sabar menanti magang 2014 :D

Share:

0 comments

Please kindly leave your comment with your ID